• Jelajahi

    Copyright © Jakarta Report
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Panitia Acara Deklarasi Dukungan UI Untuk Jokowi - Ma’ruf: "Kami Tidak Pernah Memakai Nama Atau Melibatkan ILUNI UI Sama Sekali"

    12 Januari 2019, 21:00 WIB Last Updated 2019-10-24T13:01:43Z
    Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) Arief B. Hardono menghormati hak pribadi para alumni UI untuk mendukung pasangan calon presiden tertentu dalam pemilihan presiden, termasuk deklarasi dukungan alumni Universitas Indonesia (UI) untuk Jokowi – Ma’ruf Amin di Kompleks Gelora Bung Karno pukul 15.00, Sabtu, 13 Januari 2019. Asalkan, ujar dia, tidak mengatasnamakan Lembaga Universitas Indonesia dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia serta harus sesuai Statuta Universitas Indonesia.

    "Saya minta juga tidak ada yang membawa makara atau logo UI dan semacamnya dalam acara itu," ujar Arief saat dihubungi Tempo pada Sabtu, 13 Januari 2019.

    Arief mengaku diundang hadir ke acara itu, namun dia memilih tidak hadir. "Saya dulu diundang saat deklarasi dukungan untuk paslon 02 juga tidak hadir, sekarang juga tidak. Demi menjaga netralitas."

    Pada Desember 2018, Iluni UI memprotes poster deklarasi dukungan yang menyebar dengan menggunakan nama ikatan Alumni Universitas Indonesia dan logo UI. Dalam poster itu juga ada foto Ketua Iluni UI Arief Budhy Hardono dan beberapa orang berjaket kuning.

    Iluni UI mensomasi pihak yang membuat dan menyebarkan poster deklarasi dukungan Iluni UI untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin. Alasannya, Iluni UI menganggap poster itu telah mencatut lembaganya. “Yang kami somasi adalah penyalahgunaan nama dan foto atas nama Iluni UI yang digunakan untuk dukungan kepada kontestan tertentu,” kata Ketua Umum Iluni UI, Arief Budhy Hardono dihubungi Sabtu, 15 Desember 2018.

    Arief mengatakan beredarnya poster itu meresahkan alumni UI. Karena itu, Arief mengatakan pihaknya mensomasi pihak yang telah membuat dan mengedarkan poster itu. Arief menuntut pembuat undangan untuk menarik atau membekukan penyebaran undangan.

    Adapun poster dan undangan yang beredar saat ini tidak mengatasnamakan Iluni UI, melainkan Alumni UI. Tidak ada logo UI dan juga foto Ketua Iluni UI dalam poster maupun undangan acara.

    Panitia acara deklarasi dukungan UI untuk Jokowi - Ma’ruf, Rulita Anggraini memastikan, yang diprotes oleh Iluni saat itu bukanlah pihaknya. "Kami adalah Gerakan Alumni UI for Jokowi - Ma’ruf. Kami tidak pernah memakai nama atau melibatkan ILUNI UI sama sekali," ujar Rulita. [tempo]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini