• Jelajahi

    Copyright © Jakarta Report
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ekonomi syariah punya peran penting perkuat struktur ekonomi

    14 Desember 2018, 21:38 WIB Last Updated 2019-10-24T13:57:06Z
    Ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi solusi ditengah pertumbuhan ekonomi global yang tidak merata

    Bank Indonesia menyebut ekonomi dan keuangan syariah memiliki peran penting dalam memperkuat struktur ekonomi dan pasar keuangan, baik saat ini maupun di masa depan.

    Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan pengalaman krisis keuangan di masa lalu telah membuktikan fundamental ekonomi dan keuangan syariah yang tetap kuat dan menunjukkan bahwa ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi solusi untuk memperkuat ekonomi.

    “Ekonomi dan sistem keuangan syariah beserta instrumen pendukungnya memiliki potensi untuk mengisi kesenjangan yang dihadapi ekonomi dan keuangan dunia saat ini,” ujar Dody pada acara 4th International Islamic Monetary Economics and Finance Conference (IIMEFC)2018 di Surabaya, Kamis.

    Pertumbuhan ekonomi global yang flat dan tidak merata, disertai dengan ketidakpastian yang meluas lanjut Dody, dapat mengganggu ketahanan keuangan global. Jika kondisi ini dihadapi dengan kebijakan atau langkah business as usual akan mengakibatkan ketidakmerataan yang semakin meningkat.

    “World Inequality Report 2018 menyatakan bahwa ketidaksetaraan telah meningkat di berbagai belahan dunia,” tambah dia.

    Meskipun terdapat perbedaan geografisnya yang cukup besar, Dody mengungkapkan tercatat kekayaan dari 1 persen populasi penduduk terkaya di dunia setara dengan dua kali kekayaan dari 50 persen populasi penduduk termiskin.

    “Ekonomi dan keuangan syariah diyakini mengandung nilai-nilai yang sangat mendukung keadilan dalam pembangunan sosio-ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan manusia,” lanjut Dody.

    Terkait itu, Dody mengungkapkan bahwa konferensi ini digelar sebagai media untuk menyiapkan dan merumuskan berbagai kebijakan ekonomi keuangan syariah dengan mengumpulkan berbagai ide dan pemikiran para cendekiawan yang hadir dari seluruh dunia.

    “Konferensi ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor ekonomi dan keuangan syariah,” imbuh dia.

    Langkah ini menurut Dody, sejalan dengan upaya Bank Indonesia untuk menciptakan stabilitas ekonomi dan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekonomi dan keuangan syariah.

    Acara IIMEFC menjadi salah satu forum penting yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Indonesia Shari’a Economy Festival (ISEF) atau Festival Ekonomi Syariah Indonesia 2018 yang berlangsung pada 11-15 Desember 2018 di Surabaya. [aa]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini