• Jelajahi

    Copyright © Jakarta Report
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mantab,, Ekonomi DKI Q1-2019 Tumbuh di Atas Nasional, Capai 6,23%

    07 Mei 2019, 07:13 WIB Last Updated 2020-02-08T17:29:44Z
    Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta melaporkan realisasi pertumbuhan ekonomi ibu kota sepanjang kuartal I-2019 6,23%. Angka itu lebih tinggi ketimbang realisasi pertumbuhan ekonomi nasional kuartal I-2019 5,07%.

    "Meskipun tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yaitu 6,41% (yoy), angka pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan triwulan I pada tiga tahun sebelumnya yang sebesar 6,06% (yoy), maupun terhadap pertumbuhan nasional yang sebesar 5,07% (yoy)," ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo dalam siaran persnya. 

    Menurut Wibowo, tetap tingginya pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta kuartal I-2019 tak lepas dari pertumbuhan ekspor yang sangat signifikan, yaitu mencapai 43,09% (yoy), khususnya pada ekspor antardaerah, di tengah menurunnya kinerja ekspor luar negeri. 

    Senada dengan ini, lanjut Wibowo, impor tumbuh sebesar 9,58% (yoy) yang juga didorong impor antardaerah berupa kebutuhan pokok masyarakat. Aktivitas terkait Pemilu sepanjang kuartal-I 2019 turut berdampak pada meningkatnya konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT) sehingga mampu tumbuh sebesar 16,49% (yoy). 

    Sementara itu, menurut Wibowo, meskipun tidak setinggi pertumbuhan triwulan sebelumnya, pengeluaran konsumsi rumah tangga masih tumbuh cukup baik (5,85% yoy) dan memperkuat kinerja ekonomi Jakarta. 

    Dari sisi konsumsi pemerintah, sejalan dengan pola belanjanya, kinerja konsumsi pemerintah pada triwulan I 2019 mengalami perlambatan, namun masih tumbuh cukup tinggi mencapai 18,88% (yoy). Lebih terbatasnya aktivitas investasi pada awal tahun mengakibatkan kinerja pembentukan modal tetap bruto (PMTB) tumbuh relatif terbatas, yaitu sebesar 0,23% (yoy). 

    Wibowo menambahkan, dengan terjaganya momentum pertumbuhan ekonomi pada awal tahun 2019, BI memperkirakan fase perbaikan ekonomi DKI Jakarta akan berlanjut hingga akhir tahun 2019. 

    "Pertumbuhan ekonomi Ibu Kota pada tahun ini salah satunya akan ditopang oleh kegiatan konsumsi rumah tangga, sejalan dengan tetap terjaganya tingkat ekspektasi masyarakat terhadap kondisi perekonomian. Pembangunan infrastruktur masih tetap mendukung pertumbuhan ekonomi Jakarta meski lebih terbatas dari tahun-tahun sebelumnya," kata Wibowo.

    Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta akan terus memonitor berbagai perkembangan baik di tingkat regional, nasional, maupun eksternal, sekaligus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta. (cnbcindonesia)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini