• Jelajahi

    Copyright © Jakarta Report
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bangun ITF di Sunter, Anies Baswedan Ukir Sejarah Baru di Indonesia

    29 Desember 2018, 08:06 WIB Last Updated 2020-02-08T17:29:46Z
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah di dalam kota Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter.

    Teknologi tersebut bisa mengolah sampah 2.200 ton setiap harinya atau seperempat dari sampah Jakarta yang mencapai 7-8 ribu ton per hari. Sehingga, Anies berharap adanya ITF Sunter bisa menjadi solusi penanganan sampah Ibu Kota.

    "Hari ini, kita masuki sejarah baru, babak baru, di Jakarta pertama kali kita bangun ITF, juga di Indonesia," ujar Anies Baswedan saat ditemui di lokasi ITF Sunter, Jakarta Utara, Kamis (20/12/2018).

    Anies menambahkan, selama ini sampah Jakarta yang mencapai 7 ton selalu dikumpulkan di Bantargebang, Bekasi. Pada 2021, lokasi penampungan sampah itu tak akan sanggup lagi menampung sampah Ibu Kota.

    “Karena itu, dengan adanya ITF ini kita akan bangun lagi, dan membuat sampah-sampah di Jakarta tidak dikirim ke luar,” ungkapnya.

    ITF ini, sambung Anies, bukan hanya pengolahan sampah tapi juga fasilitas yang bermanfaat bagi masyarakat Jakarta. Sebab, rancangan bangunannya bisa menjadi wahana edukasi bagi warga.

    Selain untuk mengelola sampah di Jakarta, alat teknologi itu juga bisa mengubah energi panas menjadi energi listrik. Dalam pemaparannya, listrik yang dihasilkan bisa mencapai 35 megawatt setiap jam. [no]


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini