• Jelajahi

    Copyright © Jakarta Report
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Penelitian Terbaru: Setelah 11 Hari Pasien COVID-19 Tak Menularkan Virus

    18 September 2020, 19:01 WIB Last Updated 2020-09-18T16:11:22Z


    Sejak pandemi kian berkembang, penelitian kasus COVID-19 semakin digalakkan guna mengetahui lebih lanjut terikat karakteristiknya untuk keperluan

    pengobatan. Belum lama ini, hasil penelitian yang menggembirakan dipublikasikan oleh para peneliti dari Pusat Nasional Penyakit Menular Singapura (NCID)

    dan Akademi Penyakit Menular dan Pengobatan Kedokteran.

    Beberapa hari lalu, para peneliti tersebut telah merilis kabar mengenai pasien Virus Corona yang kemungkinan tidak menularkan kembali penyakit setelah

    11 hari. Begini hasil penelitian selengkapnya.

    Hasil Penelitian Kasus COVID-19 yang Terbaru

    Setelah sekitar 11 hari pasien dinyatakan tidak menularkan penyakitnya, mereka bisa pulang dari rumah sakit menurut penelitian. Hasil penelitian yang

    berupa makalah ini memuat penelitian dari 87 dokter ahli penyakit menular dari instansi swasta maupun negeri.

    Kesimpulan dari makalah berdasarkan hasil penelitian terhadap 73 pasien di Singapura ini menunjukkan fakta menarik. Profesor Leo Yee Sin, direktur eksekutif NCID mengatakan penelitian tersebut cukup aman dan kuat untuk diterapkan, khususnya untuk keseluruhan pasien.

    Tes tersebut mendeteksi bagian genom virus, tapi tidak memperlihatkan seluruh bagian virus yang bisa menulari orang lain. Para peneliti mengungkapkan

    bahwa publikasi ini membuat pemerintah bisa mengubah kebijakan untuk memulangkan pasien, dikutip dari teh Straits Times.

    Pemerintah akan mempertimbangkan untuk membuat kebijakan

    Namun, walau bagaimana pun keputusan besar ini memang harus terlebih dahulu disetujui oleh Kementerian Kesehatan. Untuk manajemen perawatan pasien Corona, Kementerian Kesehatan pun akan mengevaluasi dan menyesuaikan kebijakan dengan hasil penelitian terbaru itu.

    Dalam menangani pasien COVID-19, Singapura dipandu oleh hasil penelitian terbaru baik lokal maupun internasional, menurut Kementerian Kesehatan setempat. Bila pemerintah mempertimbangkan dan merealisasikan kebijakan berdasarkan hasil publikasi, sekitar 80 persen bisa dipulangkan setelah sekitar 11 hari dirawat.

    Di sisi lain, bagi pasien yang memiliki sakit lebih parah masih bisa dirawat. Namun, mereka kemungkinan juga sudah tidak lagi Menulari penyakit setelah 11 hari dan tidak perlu berada di ruang isolasi.

    Penelitian Penting Lainnya

    Selain penelitian yang dipublikasikan di atas, penelitian lain pun sebaiknya dicermati. Di Jerman, penelitian dengan hasil yang melengkapi penelitian di Singapura pun turut dipublikasikan.

    Dikatakan bahwa hasil penelitian di atas memiliki pengecualian untuk pasien yang memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah. Beberapa kriterianya tersebut misalnya terdapat pada pasien kanker yang masih menjalani serangkaian pengobatan kemoterapi, maupun seseorang yang baru menjalani transplantasi organ.

    Pada pasien-pasien tersebut, kemungkinan Virus Corona masih bisa menulari orang lain dalam jangka waktu yang lebih lama.

    “Penelitian masih berlangsung dan kami akan mendapatkan data lebih banyak, tapi kita akan melihat hasilnya akan sama saja karena penelitian keilmuan ini

    cukup hebat. Jadi, tidak perlu lagi menunggu,” ujar Dr. Asok Kurup, Ahli penyakit menular di instansi swasta yang juga pejabat di akademi senada dengan Profesor Leo Yee Sin.

    Hasil penelitian di Jerman mengungkapkan hal penting lainnya. Hal ini berkaitan dengan 9 pasien COVID-19 yang memiliki kadar virus tinggi pada bagian tenggorokan dan paru-paru di minggu pertama.

    Setelah diteliti, pada hari ke-8, kadar virus tersebut sudah tidak ada. Hasil penelitian ini memang lebih cepat 3 hari dibandingkan hasil yang diperoleh dari Singapura.

    Terkait dengan hal ini, Profesor Leo menuturkan bahwa peneliti di Singapura mengkajinya lebih konservatif sehingga hasilnya bisa lebih lama. Para peneliti ini pun berencana untuk menerbitkan penelitian tersebut di jurnal internasional. [it]

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini